8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Fungsi dan Peran Guru di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Menginspirasi Siswa Belajar Secara Daring (Online)

Admin prokomsetda | 28 Juli 2021 | 14189 kali

Diterbitkan : 11 Juli 2021 19:22
Sumber : Asriati
Penulis : ASRIATI
RPP Terkait : Pembelajaran daringTeks Cerita Inspiratif kelas IX
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 9
Mapel : Bahasa Indonesia

Fungsi dan Peran Guru di Tengah Pandemi Covid-19

dalam Menginspirasi Siswa Belajar Secara Daring (Online)

Oleh: Asriati, S.Pd.

 

Dalam aktivitas sehari-hari, setiap manusia tentu akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan, baik permasalahan yang sifatnya pribadi maupun permasalahan yang umum, termasuk permasalahan dalam dunia pendidikan yang kita rasakan saat ini. Menyikapi permasalahan pendidikan di tengah pandemi covid-19, seorang guru dituntut memiliki profesionalisme yang tinggi. Tidak hanya kecakapan dan kecerdasan yang harus dimiliki dalam situasi sekarang ini,  tapi diharapkan seorang guru mampu membekali siswanya suatu keterampilan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagaimana bisa menginspirasi siswa belajar di tengah pandemi covid-19 ini.

Pencegahan meluasnya virus corona kini telah menjadi prioritas utama pemerintah, termasuk di Kota Palu. Kegiatan sekolah kini telah diliburkan hingga beberapa bulan ke depan.  Bahkan, pemerintah Indonesia sampai sekarang ini belum menetapkan kapan sekolah bisa diaktifkan kembali. Dengan adanya kebijakan ini, tentu proses belajar mengajar untuk sementara dilakukan secara daring dari rumah masing-masing.

Hal ini diharapkan agar tidak terjadi kontak tatap muka secara langsung,  baik antara siswa dengan siswa maupun antara guru dengan siswanya. Salah satu solusi supaya proses pembelajaran tetap berlangsung, pemerintah menetapkan sistem pembelajaran daring. Padahal, interaksi guru-siswa dalam proses pembelajaran sangat penting untuk mengetahui kemajuan proses belajar siswa. Dengan adanya proses belajar daring, guru harus benar-benar memerhatikan belajar siswa yang dilakukan secaradaring.

Peran guru kini sangatlah penting mengingat proses belajar sudah tidak bisa bertatap muka lagi. Guru harus benar-benar berupaya semaksimal mungkin agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan secara daring. Demi mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan seorang guru sebagai pilar terdepan dituntut bentindak sebagai (a) motivator, (b) inovator, dan (c) evaluator.

Sebagai Motivator,  Guru tetap memberikan materi atau penugasan terhadap siswa disertai dengan motivasi pada siswa untuk tetap semangat dalam belajar di tengah maraknya virus corona. Guru juga harus memberikan nasihat yang bersifat positif agar siswa tidak merasa takut, curiga, khawatir dan cemas yang berlebihan  pada  pandemi virus corona. Yang tidak kalah pentingnya, seorang guru  juga harus memerhatikan agar siswa tidak terlalu stress akibat tugas. Guru hendaknya mengajar daring dengan tetap memberikan penjelasan pada siswa, bukan semata-mata hanya dengan memberikan tugas secara terus menerus,  sebab siswa juga butuh penjelasan untuk memahami materi yang dibahas.

Alternatif materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, khusunya guru Bahasa Indonesia adalah memberikan materi yang menyenangkan dan menghibur siswa, seperti memaparkan cerita inspiratif kepada siswa. Tujuannya, agar siswa terinspirasi unrtuk berperilaku jujur, adil dan disiplin dalam masa pandemi covid-19 ini.

Sebagai Inovator,  proses belajar yang dilakukan secara daring mengharuskan guru untuk menguasai teknologi. Guru harus inovatif terhadap media maupun metode yang terus berkembang. Sesuai dengan keadaan saat ini, guru hendaknya menguasai beberapa cara untuk belajar secara daring, misalnya: melalui zoom, google classroom, wa, line, dan sebagainya. Metode yang diterapkan juga akan berbeda dari biasanya sebab belajar tidak berlangsung tatap muka.  Guru harus pintar-pintar memilih metode yang akan digunakan dalam proses belajar daring ini.

Kendala yang dihadapi dalam hal ini adalah tidak tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung. Penulis yang merupakan salah satu guru Bahasa Indonesia di MTs Negeri 1 Donggala masih merasa terkendala dengan penerapan pembelajaran daring ini. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya:  tidak semua siswa di sekolah ini memiliki fasilitas gawai (Handphone) android sebagai syarat pembelajaran daring melalui zoom, google classroom, wa, line.

Sebagai Evaluator, Setelah proses pembelajaran daring dilakukan, guru harus mampu mengevaluasi berbagai kekurangan dari belajar daring, masalah-masalah yang timbul pada siswa maupun saat proses pembelajaran, apakah siswa menerima materi dengan baik atau tidak , dan masalah lainnya harus mampu dipetakkan dengan baik.

Fungsi dan peran guru dalam pembelajaran di sekolah belum semua dipaparkan dalam tulisan ini. Masih banyak fungsi dan peran yang lain.  Namun,  ketiga hal tersebut perlu diperioritaskan dalam rangka menyukseskan proses pembelajaran berbasis daring melalui zoom, google classroom, wa dan media pembelajaran lainnya dalam masa pademi covid-19 ini.

Sumber : https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/fungsi-dan-peran-guru-di-tengah-pandemi-covid-19-dalam-menginspirasi-siswa-belajar-secara-daring-online/