8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

5 SOFTWARE EDIT FOTO UNTUK FOTOGRAFER PEMULA

Admin prokomsetda | 24 September 2019 | 5864 kali

Edit foto bagi fotografer adalah wajib hukumnya. Foto tanpa editing seperti sayur tanpa garam. Sebaik apapun foto yang dihasilkan pasti akan mengalami proses editing untuk mempercantik hasil foto tersebut. Sebagai fotografer pemula pastinya proses editing bukan tergolong sebagai hal yang mudah dilakukan. Butuh proses untuk mempelajarinya.

Selama ini editing foto identik dengan Photoshop. Yup! Memang semua proses editing dapat dilakukan di photoshop. Tetapi, tahukah kamu kalau selain photoshop masih ada software editing lain yang layak kamu coba sebagai fotografer pemula.

 

  1. Adobe Photoshop

Seperti dikatakan di awal, software ini adalah software terakrab untuk editing foto. Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna, yaitu RGB color model, Lab color model, CMYK color model, Grayscale, Bitmap, dan Duotone. Photoshop sudah teruji dan diakui sebagai program editing foto terbaik karena memiliki banyak fitur dan harga softwarenya cukup mahal, sekitar US$600. Pengguna Photoshop juga harus memiliki komputer yang canggih dan cepat.

 

  1. Adobe Lightroom

Awalnnya Lightroom terkenal sebagai salah satu program pengolah RAW dan manajemen katalog foto. Lightroom versi ke 4 dapat dikatakan mampu menggantikan fungsi dari photoshop. Harga Lightroom relatif lebih murah dan tidak memerlukan kapasitas komputer yang besar. Lightroom bisa digunakan untuk mengolah foto dari mentah sampai matang, dari mulai foto pertama keluar dari kamera sampai dengan printing.

 

  1. Photoscape

Bagi kamu yang mencintai efek vintage, software ini cocok kamu gunakan. Selain banyak opsi efek instant yang bisa kamu aplikasikan dengan cepat dan mudah. Software ini juga dapat didownload secara gratis.  Kamu bisa mendonload program ini di Photoshop.org

 

  1. GIMP

GIMP juga merupakan software editing yang bisa kamu download dengan gratis. GIMP menyediakan fitur layer, filter, brush, color correction, crop, resize, dan fitur lainnya. GIMP bisa membaca hampir semua format file: dari standar JPG sampai PSD, kita juga bisa memanfaatkan plug in untuk menambah kompatibilitas dengan format file lain. Dibandingkan dengan photoshop, GIMP menghasilkan gambar yang bisa dibilang kurang halus. GIMP bisa diinstall di semua platform OS komputer: windows, mac atau linux. Klik GIMP jika kamu berminat untuk mendownloadnya.

 

  1. Paint.Net

Paint.Net adalah software editing foto yang juga gratis. Sayangnya software ini hanya dapat digunakan untuk Windows. Paint.Net memiliki fitur blurring, sharpening, red-eye removal, distortion, dan embossing. Berminat untuk mencoba program ini? Download di Paint.Net

 

Kamu puanya hobi fotografi dan mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 sumberhttps://idseducation.com/articles/5-software-edit-foto-untuk-fotografer-pemula/