8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

BERIKAN VAKSIN HPV GRATIS, PKK BULELENG SASAR PELAJAR

Admin prokomsetda | 30 Desember 2014 | 1868 kali

 

Setelah sukses dengan Rekor MURI dengan jumlah peserta terbanyak mengikuti pelayanan gratis IVA-Cryo Massal pada tahun 2014, Pemkab Buleleng kembali memberikan pelayanan Vaksinasi gratis Human Papillomavirus (HPV) kepada 96 siswi remaja dari SMP 5 Singaraja yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa, 30/12. 

Kegiatan yang diselenggarakan dalam peringatan hari Ibu di Kabupaten Buleleng tersebut pun menjadi ramai ketika satu per satu pelajar dipanggil masuk ke dalam ruang pertemuan Rumah Jabatan Bupati Buleleng yang disulap menjadi klinik sementara pemberian Vaksin, rata-rata para peserta mengaku grogi dan takut mengikuti pemeriksaan, namun setelah mendapatkan penjelasan dari petugas medis yang dikoordinator Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng mereka pun antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung hingga pukul 12.00 WITA.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana ketika ditemui selepas kegiatan menyatakan, pentingnya pemberian Vaksin HPV sebagai langkah preventif dalam pencegahan penyakit kanker serviks, mengingat penyakit ini merupakan penyakit pembunuh yang sangat berbahaya bagi para kaum wanita, “ Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan tahun lalu, kalau dulu kita sasar ibu-ibu sekarang kita sasar remaja, gerakan ini penting sebagai bentuk perlawanan terhadap kanker” ujarnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana, istri Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana ini menuturkan tujuan kegiatan lebih kepada edukasi kepada generasi muda, mengingat Vaksin HPV yang diberikan lebih efektif diberikan kepada remaja yang memasuki usia produktif, setelah fase menstruasi dan belum pernah melakukan hubungan sexual, “ Vaksin ini lebih efektif  jika diberikan kepada wanita di usia produktif, tentunya juga dengan pertimbangan mengurangi tingkat kematian wanita di Buleleng, ini yang kita gencarkan sebagai bentuk komitmen kami menunjang kesehatan masyarakat”ujarnya.

Namun upaya tersebut tampaknya masih terkendala harga Vaksin yang masih tergolong mahal, apalagi agar efektif setiap pasien harus mendapatkan tiga kali suntikan Vaksin HPV, Hal ini pun diamini Ny. Aries Suradnyana, didampingi Ny.Wardhani Sutjidra pihaknya mengaku tengah berupaya mensiasati agar harga Vaksin yang mahal bisa dinikmati secara gratis dan berkelanjutan oleh kaum wanita di Buleleng, “ Hari ini kan stimulusnya saja yang diberikan Pemkab, kita sedang upayakan jajaki beberapa donator agar bisa mengarahkan dana sosialnya untuk pemberian vaksin gratis kepada kaum wanita di Buleleng, mudah-mudahan banyak yang merespon ”ujarnya. (paz)