8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Bersama Nelayan, Bupati PAS Ikut Bersihkan Danau Buyan

Admin prokomsetda | 12 Februari 2015 | 864 kali

Kerusakan lingkungan di Danau Buyan, Desa Pancasari Kecamatan Sukasada akibat genangan air yang tertutup eceng gondok mulai ditangani Pemkab Buleleng.

Melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Buleleng, merekrut nelayan yang biasa beraktivitas di Danau Buyan. Kepala BLH Kabupaten Buleleng, Drh. Surya Temaja menargetkan pembersihan rumput liar dan eceng gondok tuntas bulan Juni mendatang."Program pembersihan rumput liar dan eceng gondok telah kami cantumkan dalam RKA (Rencana Kerja Anggaran) Tahun 2015. Selain di BLH, anggaran juga ada di Dinas Kebersihan dan Pertamanan.     "Ucapnya di Danau Buyan Jumat/16/1.

Ide merekrut nelayan lokal dalam pembersihan rumput liar dan eceng gondok di Danau Buyan pertama kali dilontarkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST Bulan November tahun lalu usai "blusukan' dan bertatap muka dengan masyarakat disekitar Danau Buyan. Saat itu, Bupati Agus Suradnyana minta agar mengalokasikan anggaran Rp.300 juta di Tahun 2015 untuk menggaji puluhan nelayan di Danau Buyan selama setahun dan pembersihan sedimentasi yang kini mengakibatkan pendangkalan danau. "Kondisi seperti ini tidak bisa kita biarkan. Harus ada langkah nyata dan terprogram dengan baik. Kenapa kita rekrut nelayan sebagai tenaga pembersihan ? Karena mereka yang paham betul kondisi dan situasi di Danau Buyan. Setiap hari mereka akan bekerja. Membersihkan sekaligus mencari ikan. Selain itu kami berikan gaji kepada nelayan untuk menambah penghasilan ekonomi mereka" ucap Bupati Suradnyana usai ikut membersihkan eceng gondok bersama nelayan, di Danau Buyan Jumat 16/1 lalu. Untuk pengerukan sedimentasi, Pemkab akan menggandeng Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida.

Sementara, dalam pembersihan eceng gondok minggu lalu tampak istimewa. Pasalnya, Bupati Putu Agus Suradnyana ikut bersama nelayan membersihkan eceng gondok dari atas pedau singa. Selain ikut pembersihan, Bupati Suradnyana juga menegaskan akan memperbaiki dermaga di Danau Buyan di anggaran tahun 2016. "Sekarang kita fokus dulu di pembersihan. Setelah itu kita sasar dermaga agar kembali berfungsi" ucapnya didampingi Kepala BLH, Drh.Surya Temaja, dan  Kadiskanla, Ir.Nyoman Sutrisna,MM.

Download disini