8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Bersama Warga, Ny. Aries Suradnyana Tanam 500 Pohon

Admin prokomsetda | 15 Januari 2015 | 830 kali

Ketua Tim penggerak PKK kabupaten Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana bersama Nyonya dr. Wardani Sutjidra beserta tim penggerak PKK kecamatan Sawan dan TNI, Polri, PNS, Pelajar dan Masyarakat setempat tadi pagi 16/01 melakukan aksi tanam pohon di areal pantai kerobokan kecamatan sawan. Kegiatan merupakan wujud mendukung program Buleleng Hijau.

Nyonya Aries Suradnyana usai tanam pohon mengatakan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi inisiatif dari warga desa kerobokan dalam kegiatan tanam pohon ini yang melibatkan semua komponen masyarakat setempat. Pihaknya berharap untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan .” setiap warga harus memberikan perawatan tanaman yang baru saja di tanam sekaligus memeilhara secara berkelanjutan agar dapat memberikan hasil yang dapat bermanfaat nantinya” katanya. Ditambahkan, untuk menanam tanaman yang dapat mengasilkan buah atau bunga yang akan menjadi menjadi nilai tambah bagi warga setempat.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Buleleng, Ketut Nerda mengatakan,sebanyak  500 pohon yang terdiri dari pohon cempaka, cendana, majegau, kelapa genjang, naga sari serta pohon ketapang. “ Dengan menanam tanaman ini, diharapkan nantinya bisa dimanfaatkan oleh warga setempat, selain untuk peneduh juga sebagai sarana  upacara, mengingat tanaman jenis macegau dan nagasari dan kelapa genjah sekarang sudah langka,” kata Nerda.

Kadis Hutbun juga menambahkan, sekarang ini pihaknya cukup kewalahan untuk menyiapkan bibit tanaman mengingat permintaan dan animo masyarakat dalam menanam pohon semakin meningkat terutama tanaman yang bernilai ekonomi. “Untuk kayu – kayu yang bernilai ekonomis yaitu pohon sengon sudah banyak ditanam masyarakat sendiri, sehingga sekarang dimasyarakat sudah merupakan kebutuhan untuk menanam kayu, jadinya kita tidak seperti dulu menganjurkan di daerah – daerah tertentu  untuk menanam kayu”, imbuhnya.

Perbekal Desa Pakraman Kerobokan, Putu Wisnu Wardana di sela-sela acara mengucapkan terima kasih pada instansi terkait, karena telah bersedia melakukan kediatan tanam pohon di desanya.” Saya berterima kasih banyak atas bantuan yang diberikan, untuk pemeliharaanya kita sendiri sebagai krama  desa pakraman kerobokan, pengelola obyek wisata pantai kerobokan, kelompok nelayan akan ikut serta memelihara, merawat dan menjaga tanaman ini agar hasilnya nanti bisa dirasakan oleh masyarakat sendiri”, ungkapnya. (vick)

Humas melaporkan………………………………………