8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Gali Potensi, Pemkab Buleleng Selenggarakan Lomba Bondres

Admin prokomsetda | 11 April 2016 | 438 kali

Guna menggali potensi kesenian di setiap kecamatan khususnya kesenian bondres, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan Lomba Bondres antar kecamatan. Lomba bondres ini dirangkaikan dengan Pekan Apresiasi Seni (PAS) dan Hiburan Rakyat yang digelar di GOR Bhuana Patra, Senin (11/4).
 
Sedikitnya sembilan peserta lomba bondres dari sembilan kecamatan mengikuti lomba ini. Dari sembilan peserta ini akan dicari tiga terbaik. Masing-masing peserta akan diberi waktu selama 35 menit untuk menampilkan kemampuan mereka dalam bondres. Kriteria yang dinilai antara lain kepadatan isi, dramatisasi, dan kelucuan. Dewan juri yang menilai berjumlah tiga orang yang sudah berkompeten di bidang drama dan juga bondres. Juara pertama dari lomba bondres ini akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, juara dua Rp. 3 juta dan juara tiga Rp 2 juta. Selain uang pembinaan, para juara juga mendapatkan trofi dan piagam penghargaan.
 
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, MM, Pemkab mencoba mengkaji dan menginvetarisasi sekaa-sekaa bondres yang ada di kecamatan. Melalui lomba ini juga akan digali potensi bondres yang ada di setiap kecamatan. "Selain invetarisasi, lomba ini juga bertujuan mencari potensi-potensi bondres yang ada di setiap kecamatan," ungkap Sutrisna.
 
Mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan ini juga berharap ke depan generasi muda lebih serius untuk menggeluti bondres ini. Selain itu juga, pihaknya berharap generasi muda semakin banyak untuk mengikuti lomba ini di tahun-tahun yang akan datang.  "Kami berharap ke depannya peserta lebih banyak lagi dari generasi muda," tandasnya.