8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Lomba Karya Jurnalistik Nasional, Buleleng Sabet Juara Tiga di Dua Kategori

Admin prokomsetda | 26 Agustus 2016 | 806 kali

Jakarta, Dua Jurnalis Buleleng dari dua media massa yang berbeda menorehkan prestasi gemilang dibidang karya Jurnalistik tingkat Nasional. Dua Jurnalis itu yakni Putu Nova A.Putra dari www.koranbuleleng.com dan Edo Hary Purnawan dari Nirwana TV masing-masing meraih juara tiga dalam lomba karya Jurnalistik tingkat Nasional, serangkaian dengan agenda TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96.
 
Putu Nova A. Putra dari www.koranbuleleng.com meraih juara ketiga dari kategori media cetak/online, sementara Edo Hary Purnawan dari Nirwana TV meraih prestasi juara ketiga dari kategori media elektronik. Penghargaan bagi keduanya diserahkan langsung oleh Kepala Staff Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono di Balai Samudra, Jakarta, 24 Agustus 2016. Atas prestasinya itu, Mabes TNI AD memberikan sebuah tropi pemenang dan piagam penghargaan serta hadiah berupa uang.
 
Turut hadir dari KODIM 1609 Buleleng dalam penyerahaan penghargaan ini yakni Kasdim 1609 Buleleng, Mayor (Inf) Ketut Sugiharta SH, selaku pendamping para pemenang mewakili Dandim 1609 Buleleng.
 
Seijin Dandim 1609 Buleleng, Kasdim 1609 Buleleng, Mayor (inf) Ketut Sugiharta SH mengatakan prestasi yang dicapai oleh dua Jurnalis Buleleng ini menandakan bahwa Kabupaten Buleleng mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia dalam lomba karya Jurnalistik TMMD ke-96 tingkat nasional. Secara kelembagaan, KODIM 1609 Buleleng mengapresiasi prestasi kedua Jurnalis Buleleng yang sudah membuktikan kualitasnya dibidang Jurnalisme.
 
“Ini kebanggaan bagi Buleleng, karena dua Jurnalisnya mampu meraih dua juara di dua kategori sekaligus. Jadi mereka ini menyabet juara di semua kategori. Ini adalah penghargan kita bersama, Penghargaan Bagi Buleleng khususnya masyarakat di Dusun Pucak Sari, Desa Gerokgak, Ini juga penghargan bagi TNI serta seluruh teman-teman wartawan di Buleleng. Apa yang dituangkan dalam karyanya adalah fakta yang sebenarnya, mutu dan kualitas pemberitaannya juga sangat baik sehingga dewan juri memutuskan untuk memberikan penghargaan,” ujar Mayor Ketut Sugiharta usai mendampingi pemberian penghargaan.
 
Sementara itu, Jurnalis koranbuleleng.com, I Putu Nova A Putra menyatakan bahwa penghargannya ini adalah pernghargaan untuk Buleleng. Penganugerahan ini akan menjadi modal untuk memupuk semangat serta mengedepankan etika Jurnalisme dalam proses peliputan. Nova menulis judul berita ““TNI buka jalan sepanjang 1,3 Kilometer di Dusun Terisolir”
 
Disisi lain, Jurnalis dari Nirwana TV, Edo Hary Purnawan mengungkapkan bahwa penghargaan ini akan memicu karya-karya lebih baik di masa mendatang. Edo yang meliput proses TMMD di Dusun Pucak Sari Desa Gerokgak mengangkat tema “Akses jalan ke puncak sari segera rampung.”
“Dari reportase saya itu sebenarnya sangat terlihat kerjasama yang sangat erat antara masyarakat dengan TNI dalam proses pembangunan. Ini pesan yang menandakan bahwa TNI tetap bersama rakyat dalam kondisi apapun,” ujar Edo Hary Purnawan.
Dari keterangan Dinas Penerangan Angkatan Darat, Para pemenang lomba karya jurnalistik TMMD ke-96 ini bersaing dengan ratusan Jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia, dengan jumlah berita yang masuk ke meja panitia mencapai ribuan tulisan terkait dengan TMMD ke-96 di seluruh Indonesia.
 
TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen TNI untuk ikut serta membangun Bangsa dan Negara bersama komponen Bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan untuk membantu meningkatkan pembangunan fisik dan non fisik di pedesaan.
Kegiatan TMMD dilakukan dua kali dalam satu tahun. Untuk TMMD yang ke 96 kemarin dilaksanakan selama 21 hari dan diawali dengan pra TMMD selama 14 hari.
Sedangkan TMMD ke-97 akan dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 20 September 2016 sampai dengan tanggal 19 Oktober 2016, di 13 Kodam dan 61 Kabupaten/Kota pada 74 Kecamatan dan 95 Desa, dengan melibatkan 9.150 personel yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah, Non Pemerintah dan masyarakat.
Adapun Para pemenang lomba sebegai berikut :
 
1.   Kategori Dansat TMMD/Dandim
  1. Juara  I  :  Kodim 0716/Demak (Kodam IV/Dip).
  2. Juara II  :  Kodim 0723/Klaten (Kodam IV/Dip).
  3. Juara III :  Kodim 0320/Dumai (Kodam I/BB).
2.   Kategori Wartawan Media Elektronik :
  1. Juara I   : Redianto Tumon (Antara TV Kalteng). Judul “TMMD garap jalan baru untuk buka isolasi 4 desa.”
  2. Juara II  : Syaiful Efendi (RCTI). Judul “TNI dan Warga perbaiki jalur evakuasi di lereng merapi.”
  3. Juara III : Idohari Purnawan (Nirwana TV). Judul “Akses jalan ke puncak sari segera rampung.”
3.   Kategori Media Cetak/Online :
  1. Juara I   : Eddyanto, SST (Wartawan Harian Rakyat Aceh), Judul “TMMD bedah keterisoliran warga aceh tamiang.”
  2. Juara II  : Erik Purnama Putra (Wartawan Republika) Judul “Gotong Royong merenovasi rumah sang nenek”
  3. Juara III : Nova Putra (Wartawan Koran Buleleng). Judul “TNI buka jalan sepanjang 1,3 Kilometer di dusun terisolir.”
Bagi para pemenang diberikan hadiah berupa Uang Tunai, Tropi dan Piagam.
1.   Para Dandim/Dansatgas :
  1. Juara I       :    Rp. 10.000.000,-
  2. Juara II      :    Rp.   7.500.000,-
  3. Juara III     :    Rp.   5.000.000,-
2. Wartawan Media Elektronik :
  1. Juara I        :    Rp. 12.500.000,-
  2. Juara II       :    Rp. 10.000.000,-
  3. Juara III      :    Rp.   7.500.000,-
3. Wartawan Media Cetak /Online :
  1. Juara I        :   Rp. 10.000.000,-
  2. Juara II       :   Rp.   7.500.000,-
  3. Juara III      :   Rp.   5.000.000,-
Download disini