8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Napak Tilas Panji Sakti diikuti 43 regu

Admin prokomsetda | 24 Maret 2016 | 467 kali

Menyongsong peringatan hari jadi kota Singaraja ke-412 digelar berbagai kegiatan yang menarik, menghibur dan bermanfaat dalam rangka menjalin persatuan dan kebersamaan masyarakat Kabupaten Buleleng sesuai tema hut kota , “ prestasi untukmu singarajaku. ” Diantara berbagai kegiatan yang sudah berlangsung sejak tanggal 4 Maret , adalah Napak Tilas Perjalanan Ki Barak Panji Sakti pendiri kota Singaraja yang mengambil strat di Halaman Pura Yeh Ketipat Desa Wanagiri, Kamis (24/3). Peserta Napak Tilas Panji Sakti  dilepas  Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra,Sp.OG, diikuti oleh empat puluh tiga regu perwakilan sekolah dan organisasi pemuda. 
 
Saat membacakan sambutan Bupati Buleleng, Wabup Sutjidra mengatakan melalui napak tilas akan dirasakan bagaimana sebagian perjalanan Panji Sakti ketika memasuki wilayah Den Bukit dalam rangka membangun kerajaannya yang akhirnya membangun Kota Singaraja empat ratus dua belas tahun silam. Pembangunan kota Singaraja dengan melakukan perabasan hamparan tanaman jagung gembal atau jagung Buleleng, karenanya wilayah yang mengitari Singaraaj disebut Buleleng yang kini menjadi nama kabupaten Buleleng. Tanpa jasa Panji Sakti tidak mungkin ada Singaraja dan juga Buleleng.Karenanya, dalam kaitan peringatan Hut Kota Singaraja, kegiatan napak tilas yang diiikuti oleh generasi muda harus dilakukan.
 
Plh Dinas Pendidikan Buleleng I Made Ngadeg,S.Pd. M.Pd selaku ketua panitia Napak Tilas Panji Sakti mengatakan kegiatan napak tilas ini digelar untuk meningkatkn apresiasi pemuda Buleleng terhadap sejarah lahirnya kota singaraja.''pesertanya kami tentukan dari pelajar dan organisasi kepemudaan yang ada di Buleleng agar tahu bagaimana perjalanan  Ki Barak Panji Sakti dari Klungkung ke Den Bukit, lebih lanjut  mereka  tahu terhadap lahirnya kota singaraja,'' ucap Made Ngadeg.
 
usai melepas peserta, Wabup Sutjidra menambahkan setiap tahunnya selalu ada pningkatan jumlah peserta baik itu dari pelajar maupun dari organisasi kepemudaan. saya atas nama Pemkab Buleleng mengapresiasi peserta napak tilas yang setiap tahunya terus meningkat dan untuk panitia Napak Tilas Panji Sakti agar tahun depan besaran hadiahnya ditingkatkan,''