8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Pasca Terbakar Tahun 2014, Revitalisasi Pasar Seririt Capai 81 Persen

Admin prokomsetda | 13 Oktober 2016 | 431 kali

Pasca terbakarnya Pasar Seririt untuk kedua kalinya pada tahun 2014, Pemkab Buleleng mengambil langkah cepat dengan merevitalisasi pasar terbesar di Kecamatan Seririt ini, dengan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buleleng tahun 2016 melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagprin) sebesar Rp. 12 Miliar. Sampai tanggal 11 Oktober 2016, pengerjaan sudah mencapai 81 persen lebih dengan waktu pelaksanaan selama 180 hari kalender.
Hal tersebut terungkap saat Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST menlaksanakan kunjungan kerja (kunker) tahun 2016 ke Kecamatan Seririt, Kamis (13/10). Selain meninjau proyek pembangunan Lapangan Umum Seririt, Bupati yang akrab disapa PAS ini melakukan peninjauan ke proyek revitalisasi Pasar Seririt.
Untuk diketahui, proyek pengerjaan ini melingkupi pekerjaan rehabilitasi pasar utama, pekerjaan tangga utara, pekerjaan toilet umum, pekerjaan tower tangki air, pekerjaan pasangan gorong-gorong, pekerjaan ground tank, serta pekerjaan Pura Melanting.
Revitalisasi pasar Seririt ini merupakan salah satu bentuk komitmen kuat Pemkab Buleleng dalam menjamin terciptanya nilai kebersamaan serta makna pengembangan aktivitas ekomomi masyarakat. Keberadaan pasar seririt ini merupakan upaya untuk mendekatkan akses masyarakat terhadap pemasaran produksinya, baik produksi industri rumah, maupun produksi pertanian.
Pengerjaan Pasar Seririt  yang melalui rehabilitas dan pembangunan ini nantinya bisa meningkatkan akses – akses perekonomian  di Kecamatan Seririt dan di Buleleng barat. Pasar seririt ini merupakan  pasar yang sangat vital/ pasar strategis untuk  prekonomian di Buleleng barat, pada saat pasar seririt mengalami kebakaran maka prekonomian di Buleleng barat sedikit mengalami  kamadegan di daerah – daerah  di Buleleng barat.
Menurut Kepala Diskopdagprin Buleleng, Drs. Ketut Suparto, MMA mengungkapkan kemajuan pembangunan proyek revitalisasi Pasar Seririt sampai saat ini mencapai 81 persen. Jangka waktu proyek ini sampai dengan 26 November 2016. Tetapi, paling lambat 20 November 2016 proyek ini sudah selesai. “ Ya progress nya sudah mencapai sekitar 81 persen. Kita akan tunggu sampai batas waktu yaitu 20 November 2016,” ungkap Suparto.
Disinggung mengenai pedagang yang nantinya akan menempati gedung Pasar Seririt yang baru, mantan Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng ini menjelaskan bahwa semua pedagang yang dulunya menempati Pasar Seririt akan didata dan dimasukkan kembali. Untuk penambahan pedagang baru, pihaknya masih melihat kondisi pasar yang baru. “Nanti kita lihat dulu jika dimungkinkan akan ada penambahan pedagang yang akan berjualan di Pasar Seririt yang baru. Kita akan bekerjasama dengan PD Pasar,” tutup Suparto.  
Download disini