8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

PEMKAB BULELENG SELENGGARAKAN FGD WUJUDKAN BULELENG MENUJU KABUPATEN SEHAT

Admin prokomsetda | 13 Oktober 2016 | 502 kali

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes)mengeluarkan program Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia. Program ini merupakan Peraturan Bersama Mentri Dalam Negeri dan Mentri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat. Kota Sehat adalah suatu kondisi kota atau kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerahnya, yang dalam hal ini menyangkut pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota.
Untuk mensukseskan program tersebut, Pemkab Buleleng melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Buleleng Menuju Kabupaten Sehat, Kamis (13/10). Acara yang diselenggarakan di Hotel Banyualit Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng ini menghadirkan dua narasumber yaitu Fungsional Dir. Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI Dewi Marlina,SKM,MKM., dan Wijianto dari Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur yang menjadi Best Practise Sinergitas percepatan penanggulangan kemiskinan . FGD yang dibuka oleh Asisten dua Setda Buleleng Drs. Ida Bagus Made Geriastika mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST ini diikuti oleh Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, Polres Buleleng, Camat, Pimpinan BUMN/BUMD, Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng dan instansi terkait lainnya yang berjumlah 100 orang.
Dalam laporan Ketua Panitia yang dibacakan oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Buleleng Drs. Dewa Made Sudiarta, FGD ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi  dan memberikan pemahaman pada seluruh pemangku kepentingan tentang pentingnya mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat. Selanjutnya, dalam FGD ini diharapkan bisa merencanakan aksi atau program kerja pada berbagai tatanan guna mewujudkan Kabupaten Buleleng sebagai Kabupaten Sehat.
Sementara, dalam sambutan Bupati Buleleng yang dibacakan oleh Asisten Dua Setda Buleleng Drs. Ida Bagus Made Geriastika menyebutkan, Pemkab Buleleng telah melaksanakan berbagai program untuk mendukung Buleleng menjadi Kabupaten Sehat antara lain pembangunan IGD RSUD, pembangunan Rumah Sakit Pratama, percepatan pembangunan infrastruktur jalan, penataan kawasan perkotaan, perlindungan sosial, ketahanan pangan, pengelolaan persampahan, pelestarian lingkungan, penataan destinasi wisata, penanaman dan pelestarian budaya, perlindungan anak dan perempuan.
Selanjutnya, dalam sambutan tersebut juga disebutkan bahwa Pemkab Buleleng telah membentuk Tim Pembina Kabupaten Sehat Kabupaten Buleleng melalui SK Bupati Buleleng Nomor 44/632/HK/2016. Nantinya Tim Pembina ini diharapkan bisa dirumuskan berbagai strategi yang terintegrasi, partisipatif dan berkelanjutan melibatkan berbagai pihak baik Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.
Download disini