8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Penyerahan Hadiah Lomba Subak Sawan dan Subak Abian, PLT Bupati Made Gunaja Dorong Pelestarian Subak Di Buleleng

Admin prokomsetda | 01 Desember 2016 | 371 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng mendorong upaya pelestarian Subak Sawah dan Subak Abian yang ada di Buleleng untuk saat ini sebagai warisan budaya dan daya tarik pariwisata di Buleleng."Upaya pelestarikan subak ini sebagai penopang pariwisata budaya Bali umumnya dan Buleleng Khususnya," Demikian Diungkapkan Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Buleleng Ir. Made Gunaja, M.Si saat menghadiri penyerahan Hadiah Lomba Subak dan Subak Abian di Desa Bilatua Kecamatan Kubutambahan, Kamis (1/12).
Menurutnya, warisan budaya subak Sawah dan Subak Abian juga dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata. Lebih lanjut PLT Bupati Made Gunaja mengharapkan anggota subak Sawah Dan Juga Subak Abian  tetap memelihara keberadaan "parhyangan" subak dengan melaksanakan bhakti melalui upacara di abian dan petegalan."Saya juga meminta anggota subak agar selalu meningkatkan rasa persaudaraan serta memberdayakan sekaha-sekaha, kelompok tani, usaha produktif yang ada di wilayahnya," ujar Made Gunaja
PLT Bupati Made Gunaja mengingatkan, anggota subak Sawah maupun Subak abian dapat melaksanakan program sistem pertanian terintegrasi (Simantri) dan program Petani Mandiri Sejahtera (Tanimas)."Kami juga akan terus melakukan pembinaan-pembinaan untuk tetap menjaga kehidupan subak tani maupun abian di Kabupaten Badung," katanya.
Sementara Itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng Drs. Ketut Arjana, M.Pd yang pada kesempatan ini mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menambahkan, lomba ini tidak hanya mencari para juara, namun upaya pemerintah daerah untuk menjaga kelangsungan hidup para anggota subak sawah maupun Subak abian akibat desakan kebutuhan pemukiman yang mengepung akhir-akhir ini meningkat."Dalam lomba ini diharapkan dapat menjaga kelestarian budaya persubakan di Kabupaten Buleleng," ujarnya.
Pada perlombaan Subak sawah tahun ini, Subak Mayong Pengulkulan Desa Ringdikit Kecamatan Seririt berhalis Marai Predikat Jayanthi Adi Kertha, Subak Bengkel Desa bengkel Kecamatan Busung Biu Berhasil Meraih Predikat Jayanthi Kertha, dan Predikat Jayanthi Kertha Winangun Berhasil diraih Subak Tukad Sumaga Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak. Sedangkan Untuk Subak Abian Predikat Jayanthi Adi Kertha diraih Subak Abian Sari Pertiwi Desa Bila Kecamatan Kubutambahan, predikat jayanthi Kertha diraih Subak Abian Satya wacana Giri Desa Wanagiri Kecamatan Sukasada, dan Subak Abian Wija dwipa Desa Sekumpul Kecamatan Sawan Berhasil Meraih Predikat Jayanthi Kertha winangun.
Download disini