8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

PERINGATAN HUT MONUMEN BHUANA KERTA DAN LVRI

Admin prokomsetda | 16 Januari 2015 | 1539 kali

PEMKAB DORONG GENERASI MUDA WARISKAN JIWA DAN SEMANGAT VETERAN

Dalam rangka memperingati HUT Bhuana Kerta ke-67 dan HUT Legiun Veteran Republik Indonesia ke-58 Pemerintah Kabupaten Buleleng (Pemkab) melakukan Apel bersama di Lapangan Bhuana Kerta Desa Panji Kecamatan Sukasada sabtu (17/1). Bertindak selaku Komandan Upacara, Ipda Bhayangkara Putra Sejati,S.Ik dari Polres Buleleng dan sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, Sp.Og. Hadir dalam apel tersebut Muspida Kabupaten Buleleng, Pimpinan SKPD, Veteran dan Pelajar.

HUT Monumen Bhuana Kerta dan LVRI Tahun ini mengambil tema “Dengan Semangat Panca Marga LVRI Melestarikan Jiwa Pancasila dan Mewariskan Kepada Penerus Bangsa”.

Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, Sp.Og dalam sambutannya berharap, dengan diperingatinya HUT Bhuana Kerta dan LVRI ini jiwa dan semangat veteran dapat diwariskan kepada generasi muda di Buleleng. “Kami berharap jiwa dan semangat veteran bisa diwariskan kepada generasi muda di Buleleng” harap Wabup Sutjidra. 

Wabup menegaskan, dengan terus diadakan pembinaan kepada generasi muda di Buleleng diyakini nantinya generasi muda akan bisa berpartisipasi dalam membela Negara dan Pembangunan di Buleleng. “ Kami bersama Muspida dan instasi terkait terus melakukan pembinan kepada generasi muda melalui pendidikan non formal seperti pramuka, Bela Bangsa dan sebagainya” Imbuhnya.

Ditambahkan, komitmen Pemkab Buleleng dalam melestarikan sejarah perjuangan para pahlawan sangat atinggi. “melestarikan sejarah perjuangan para pahlawan merupakan komitmen dari Pemkab Buleleng, kita sudah membangun museum kecil di depan monumen Bhuana Kerta ini yang isinya tentang sejarah perjuangan para pahlawan di Buleleng dan sejarah dibangunnya monumen Bhuana Kerta ini” imbuhnya. 

Selain Upacara Bendera, HUT Bhuana Kerta dan HUT LVRI ini juga mengadakan Safari Kesehatan bagi para Veteran dan Lomba olahraga tradisional seperti lari karung dan lomba kelereng yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Panji. Selain itu, Ketua LVRI Gede Dharna disela – sela Upacara Bendera memberikan 3 Naskah Lagu yang diciptakannya kepada Pemkab Buleleng. 3 naskah lagu tersebut berjudul Mars Singa Ambara Raja, Dirgahayu Buleleng dan Anglurah Ki Gusti Panji Sakti.