8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

TAHUN DEPAN JALAN DESA KALISADA DIHOTMIX

Admin prokomsetda | 28 April 2016 | 510 kali

Lomba Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2016 bukan hanya menjadi ajang evaluasi bagi Pemerintahan Desa, namun ini juga menjadi ajang evaluasi bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Seperti yang terlihat saat Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST membuka penilaian lomba Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Buleleng di Desa Kalisada, Kecamatan Buleleng, Kamis (28/4). Beberapa usulan dari Kepala Desa dan warga desa setempat disampaikan langsung kepada Bupati Suradnyana. Usulan tersebut diantaranya jalan masuk ke Desa Kalisada yang masih rusak dan masalah air subak yang selama tiga tahun tidak mengalir ke desa tersebut.
Mendengar aspirasi tersebut, Bupati Suradnyana langsung memerintahkan kepada SKPD terkait untuk mengatasi masalah itu. Bupati yang akrab disapa PAS ini juga berjanji tahun depan akan memperbaiki jalan tersebut. Ia pun berjanji akan memberikan tambahan pengaspalan jalan sepanjang 1,4 kilo yang dananya akan diambil dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK).
“Saya momohon maaf kepada warga Desa Kalisada karena ternyata ada jalan yang belum diperbaiki disini. Kita akan hotmix jalan ini tahun depan. Sebagai permintaan maaf saya, saya akan berikan bonus pengaspalan sepanjang 1,4 kilo melalui dan BKK tahun depan,” pungkasnya.
Selain itu, Bupati Suradnyana juga menjawab langsung permasalahan air yang tidak mengalir selama 3 tahun ke desa tersebut. Menurut warga, penyebab air tidak mengalir lantaran terjadi penyumbatan yang terjadi di aliran subak. Ini menyebabkan selama tiga tahun Subak di desa tersebut tidak mendapatkan air.
“Ini merupakan masalah yang harus diselesaikan dengan cepat. Kasihan sudah tiga tahun subak disini tidak dapat air. Sementara saya akan mengajak warga disini untuk gotong royong memperbaikinya dengan alat berat. Namun ini akan saya anggarkan di anggaran perubahan, yang penting ada action terlebih dulu,” uajrnya.
Mengenai potensi yang dimiliki Desa Kalisada, Bupati Suradnyana menghimbau kepada Kepala Desa setempat untuk melakukan maping potensi desa. Ini dilakukan agar desa bisa lebih mengembangkan potensi desa yang dimiliki.
”Tahun lalu Desa ini menjadi juara umum dua tingkat nasional di sektor peternakan. Ini menjadi nila tambah untuk desa ini sehingga desa ini bisa berkembang. Warga yang ikut saat itu bisa kita ajak untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang lain, sehingga ilmunya bisa diterapkan oleh masyarakat lain,” harapnya.