8970900930
prokomsetda@bulelengkab.go.id
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Upaya Nyonya Aries Suradnyana Gerakkan UKM di Buleleng

Admin prokomsetda | 15 Januari 2015 | 905 kali

Bangkitkan Endek Hingga Olahan Kambing Tembus Pasar Denpasar

Menggeliatnya sektor UKM di Buleleng tidak lepas dari sosok Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Sujati Suradnyana. Istri dari Bupati Buleleng ini sejak awal kepemimpinannya kerap "blusukan" ke Desa-Desa. Selain memberikan pendampingan dan pelatihan kepada kaderr PKK di Desa, Ny.Aries juga memberikan motivasi kepada pengusaha yang bergerak di sektor usaha kecil menengah. Sebut saja kain endek buleleng yang awalnya terancam gulung tikar kini kembali bergeliat. Program seragam kantor dengan kain endek untuk PNS di lingkup Pemkab Buleleng dilakukan dengan melibatkan seluruh pengerajin kain endek. " Dalam program seragam endek untuk PNS, semua pengerajin mendapatkan order. Tidak ada pengerjaan di satu tempat. Karena ini bertujuan untuk pemerataan dan membangkitkan kembali usaha endek di Buleleng". Tidak hanya berhenti disana, disetiap event seperti Buleleng Festival, Lovina Festival dan yang terbaru Buleleng Endek Carnival pengerajin endek dilibatkan. "Kami ingin kain endek buleleng ini bangkit dan menjadi produk andalan Buleleng. Itu sebabnya kain endek sering kami gunakan sebagai cinderamata hingga ke jakarta" katanya.

Selain kain endek, kini Ny.Aries Suradnyana ingin produk olahan kambing di Desa Bongancina Kecamatan Busungbiu bisa terus berkembang. Olahan seperti kerupuk kambing, susu kambing hingga ice cream dari susu kambing sudah mampu tembus di pasar Denpasar dan berharap bisa menembus pasar di Pulau Jawa.
 Dijelaskan, sejak menjabat Ketua Tim Penggerak PKK, dirinya mengajak kepada seluruh staffnya untuk terbiasa memanfaatkan potensi desa. Semangat masyarakat  dalam memajukan desa sangat tinggi. "Sering saya sampaikan kepada SKPD terkait kalau buttom up (masyarakat) semangat, SKPD terkait harus bisa menangkap aspirasi yg disampaikan. "
Misalnya Desa Bongancina sebagai pengahasil kopi. Seberapa jauh kita bisa mengupayakan kopi dari Bongancina memiliki nilai jual, kualitas, packing yang baik" sambungnya. (Cok)